7 Tanda Tanda Kehamilan Di Lihat Dari Kondisi Fisik

Tanda Tanda Kehamilan yang paling umum terjadi dan membuat sebagian besar manusia yakin adalah muntah-muntah yang di alami oleh si calon ibu terutama jika mencium bau makanan . Orang bilang , indra penciuman ibu hamil jadi lebih sensitif sehingga makan-makanan yang berbau tajam bisa memicu terjadinya rasa mual pada perut . Lalu apa saja tanda kehamilan yang lain yang bisa menjadi pertanda bahwa seseorang tengah berbadan dua ? Kehamilan adalah sebuah keajaiban yang terjadi pada tubuh wanita dimana sel sperma dan sel telur yang bertemu bisa membentuk menjadi sebuah organisme hidup yang berkembang di dalam janin dan menjadi bayi .

tanda tanda kehamilan

Untuk pasangan yang sudah menikah tentu punya anak adalah impian dan juga harapan untuk membangun keluarga yang sempurna , tapi bagi pasangan yang belum siap membina rumah tangga tentu ini akan menjadi masalah dan tindakan cara menggugurkan kandungan menjadi pilihan untuk mengakhiri masalahnya . Karena itu mengetahui apa saja tanda hamil yang bisa menjadi penanda agar anda bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan adalah hal yang wajib selain sebagai pengetahuan yang nantinya bisa berguna di masa depan . Berikut adalah beberapa tanda tanda kehamilan pada wanita yang bisa menjadi indikator bahwa seseorang memang sedang mengandung janin terutama pada masa awal kehamilan .

  • Perubahan Fisik Pada Payudara : Pada wanita yang sedang hamil maka produksi hormon kewanitaan seperti hormon estrogen dan progresteron akan meningkat . Hal ini menyebabkan perubahan fisik payudara yang terlihat lebih membesar , lebih lembut dan juga lebih sensitif bahkan kadang terasa sakit apabila disentuh . Puting pada payudara akan membesar dan warnanya akan semakin gelap . Bentuk perubahan ini adalah cara tubuh untuk mempersiapkan diri ketika bayi sudah lahir dan masuk ke fase menyusui . Tanda tanda kehamilan pertama ini juga akan membuat payudara anda lebih terlihat pembuluh darah venanya karena pembesaran payudara akan menarik kulit menjadi lebih kendur .
  • Muncul Bercak Darah Atau Flek Pada Organ Intim : Wanita yang sedang hamil tentu tidak mengalami menstruasi karena sudah menjadi pembuahan sehingga rahim tidak meluruhkan sel telur yang tidak mengalami pembuahan saat masa subur . Namun , gejala wanita yang hamil bisa di tandai dengan munculnya bercak atau flek darah yang terlihat pada celana dalam . Gejala ini biasanya terjadi dalam waktu 8 hingga 10 hari setelah proses ovulasi dan seringkali dikira sebagai menstruasi . Pendarahan ini terjadi karena pendarahan implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim . Pendarahan ini juga kerap disalahmengerti sebagai menstruasi karena kerap di ikuti dengan kram perut yang mirip dengan saat mengalami menstruasi . Kram perut ini akan terus berlangsung hingga kehamilan masuk ke trisemester kedua sampai letak uterus posisinya sudah disangga oleh panggul .
  • Mual Dan Muntah-Muntah : Tanda tanda kehamilan dini ini sudah disebutkan sebelumnya , umum disebut dengan nama morning sickness karena umumnya setengah dari wanita hamil akan mual dan muntah-muntah pada pagi hari . Penyebabnya adalah karena pada tubuh wanita yang sedang hamil , perubahan hormon yang secara tiba-tiba membuat pergolakan pada sistem pencernaan . Peningkatan hormon ini terjadi pada aliran darah wanita hamil dan juga pada air seni . Inilah cara kerja alat testpack untuk mengetes kehamilan dengan cara mendeteksi adanya hormon HSG pada air seni wanita yang hamil . Mual dan muntah muntah pada wanita hamil masih normal hingga masuk ke trimester kedua . Jika sudah masuk bulan ke empat namun muntah-muntah masih intensif sebaiknya konsultasi kan hal tersebut dengan dokter kandungan anda .
  • Buang Air Jadi Lebih Sering : Tanda tanda kehamilan awal yang dianggap kerap merepotkan adalah frekuensi buang air kecil yang jadi lebih sering . Tanda ini biasa muncul setelah 2 hingga 3 minggu dari jadwal anda seharusnya menstruasi . Seringnya buang air kecil ini dikarenakan beberapa hal , yang pertama adalah posisi kandung kemih yang semakin tertekan dengan adanya janin pada rahim . Kemudian aliran darah kebawah akan semakin deras yang membuat proses ekskresi jadi lebih cepat , dan juga karena pengaruh hormon sehingga wanita hamil akan buang air kecil lebih sering dari biasanya . Jika ini terjadi pada anda , jangan berusaha untuk menahannya karena akan menimbulkan masalah pada saluran kencing anda sendiri . Jangan lupa untuk memasok air ke tubuh agar tidak terjadi dehidrasi karena banyaknya cairan yang dibuang .
  • Sering Sakit Kepala : Sakit kepala mungkin bukan sinyal yang secara khusus menandai bahwa seseorang sedang hamil . Sakit kepala yang sering terjadi pada wanita hamil disebabkan karena semua kondisi perubahan fisik dan juga emosi yang ada pada wanita hamil kemudian berakibat pada aliran darah ke otak yang menyebabkan sakit kepala . Perubahan hormon , fisik selalu merasa lelah dan mengantuk , efek dari badan yang sering muntah-muntah , dan juga tekanan dari darah yang tidak stabil bisa menyebabkan sakit kepala . Ditambah dengan kondisi emosi yang stress , merasa terbebani dengan kehamilan , hingga depresi juga bisa menyebabkan sakit kepala pada wanita hamil .
  • Badan Lebih Cepat Lelah Dan Sering Mengantuk : Tubuh yang terlihat lesu , lemas , dan selalu ingin berbaring dan memejamkan mata adalah tanda tanda kehamilan yang cukup mengganggu apalagi jika wanita hamil tersebut masih aktif bekerja di masa awal kehamilannya . Tubuh yang selalu lemas dan mengantuk disebabkan karena perubahan hormon dan juga aktivitas organ tubuh yang lebih sibuk untuk mengakomodasi adanya janin didalam tubuh untuk memastikan ia mendapat nutrisi yang cukup sebagai makanannya . Karena efek inilah wanita yang sedang hamil juga punya suasana mood yang berubah-ubah mengikuti perubahan pada fisiknya .
  • Susah Buang Air Besar : Tanda orang hamil adalah jadi lebih sering buang air kecil tapi jadi lebih jarang buang air besar . Kenapa ? karena peningkatan hormon progresteron saat hamil tidak membuat otot-otot rahim jadi lebih kendur untuk membuat ruang pada janin untuk tubuh dan berkembang , namun juga mengendurkan otot-otot usus besar sehingga makanan yang masuk kedalam perut dicerna lebih lambat . Keuntungan dari gejala ini adalah tubuh punya waktu yang lebih lama untuk menyerap nutrisi yang berasal dari makanan yang masuk kedalam tubuh sehingga janin mendapatkan asupan nutrisi dan juga oksigen yang cukup .

Apabila tanda hamil diatas terjadi pada anda , untuk memastikannya anda bisa membeli alat TESTPACK yang dijual bebas di apotik untuk melihat ada dan tidaknya meningkatan hormon HCG pada air seni anda . Untuk hasil yang lebih akurat tentu harus dilakukan pengecekkan di klinik atau dokter kandungan untuk memastikan apakah anda benar-benar hamil atau tidak atau anda menggunakan metode kalkulator kehamilan . Memeriksakan diri ke dokter setelah mengalami gejala-gejala diatas tidak hanya untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak namun juga melihat apakah gejala gejala yang anda alami merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius . Demikian beberapa hal yang bisa menjadi indikasi dan juga sedikit penjelasannya mengapa hal itu bisa terjadi untuk pembahasan kali ini mengenai tanda awal kehamilan .

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
tanda hamil
Author Rating
51star1star1star1star1star
Updated: December 21, 2017 — 11:48 pm
Cara Menggugurkan Kandungan © 2017 Frontier Theme